Kamis, 12 Juni 2014

Perkembangan IT di Indonesia

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, tanpa kita sadari ternyata hal tersebut  tidak terlepas dari peran perkembangan IT  yang ada. Semua orang mulai menggunakan teknologi yang serba praktis, mulai dari orang dewasa sampai dengan anak-anak tanpa terkecuali.
Menurut Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik, IT adalah suatu teknik untuk mengumpulkan, menyiapkan, menyimpan, memproses, mengumumkan, menganalisis, dan atau menyebarkan informasi.

Tak dapat kita pungkiri bahwa sekarang ini perkembangan IT sangatlah penting. Orang-orang setiap hari berkutat dengan peralatan seperti laptop dan handphone.
Secara kronologis perkembangan IT di Indonesia dapat disimpulkan :

1.       Teknologi Informasi generasi awal  
   
Surat
Di Indonesia Teknologi Informasi generasi awal ditandai dengan sistem surat menyurat untuk berkomunikasi  jarak jauh. Tepatnya pada tanggal 23 Oktober 1855 Teknologi Informasi di Indonesia mengalami perkembangan, saat itu pemerintah Hindia Belanda untuk pertama kalinya membuka saluran telegraf. Sejak hal tersebut mulai diperkenalkan, telegraf mulai banyak digunakan di Indonesia.
        
Telegraf
Pada tanggal 16 Oktober 1882, jaringan telepon lokal pertama kali digunakan di Indonesia oleh pihak swasta yang mendapat izin konsesi selama 25 tahun. Sejak saat itu, mulai bermunculan perusahaan-perusahaan jaringan telepon di Indonesia. Namun jaringan telepon hanya menjangkau area perkotaan saja. Pada tahun 1906, pemerintah akhirnya mengambil alih semua perusahaan jaringan telepon kecuali jaringan telepon Perusahaan Kereta Api Deli.

Pada tahun 1967, perusahaan telekomunikasi telah menyelesaikan pembangunan jaringan telekomunikasi Nusantara. Pada tanggal 9 Juli 1967, Indonesia kemudian meluncurkan satelit palapa. Sejak saat itu dimulailah perkembangan teknologi informasi di Indonesia yang bergerak sangat cepat dan pesat.
            
2.       Teknologi informasi pada masa kini
Saat ini kita telah memasuki era globalisasi dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat. Kita dapat mengakses informasi dari berbagai belahan dunia dengan menggunakan laptop atau handphone dsb. Fasilitas internet yang kita miliki saat ini sedikit demi sedikit mengubah budaya kehidupan masyarakat ke arah yang lebih praktis. Selain mengakses internet dengan menggunakan perangkat yang terhubung dengan modem kita juga dapat menggunakan fasilitas wifi/ hotspot. Bahkan dengan kemudahan mengakses internet banyak orang yang memanfaatkannya sebagai lahan usaha yaitu dengan membangun WarNet atau Warung Internet.

Smartphone
Tidak hanya itu, internet saat ini telah dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, bisnis, kemiliteran, dan berbagai bidang lain. Pemerintah Indonesia telah menjadikan internet sebagai salah satu bagian penting dalam berbagai bidang. Dengan memanfaatkan internet, Indonesia telah melakukan satu langkah maju untuk semakin berkembang dan maju pada masa yang akan datang.

3.       Teknologi Informasi pada masa yang akan datang   
Berkaca pada perkembangan teknologi informasi yang ada saat ini, berbagai prediksi mengenai perkembangan tersebut di masa yang akan datang mulai bermunculan.        

e-board
Seperti yang di ungkapkan oleh Mason R. (1994) bahwa pendidikan mendatang akan lebih ditentukan oleh jaringan informasi yang memungkinkan berinteraksi dan kolaborasi, bukannya gedung sekolah. Namun, teknologi tetap akan memperlebar jurang antara di kaya dan si miskin. Atau hal yang diungkapkan oleh Tony Bates (1995) bahwa teknologi dapat meningkatkan kualitas dan jangkauan bila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan latihan, dan mempunyai arti yang sangat penting bagi kesejahteraan ekonomi. Dapat disimpulkan bahwa apapun yang akan terjadi, teknologi informasi masih akan menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia.
            

e-library
e-university
Akhir-akhir ini peranan IT dalam jasa transportasi pun sudah dapat kita rasakan. Sebagai contoh adanya kartu khusus yang dikeluarkan oleh beberapa bank swasta yang dapat kita gunakan untuk membayar tol, membeli bahan bakar, pembelian tiket busway, dan kereta.

Dalam dunia pendidikan khususnya pada tingkat perguruan tinggi, pemanfaatan IT diwujudkan dalam suatu sistem yang disebut electronic university (e-University). Pengembangan ini dilakukan dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan, sehingga dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik bagi komunitasnya, baik didalam maupun diluar perguruan tinggi tersebut melalui internet. Cotoh Layanan pendidikan lain yang bisa dilaksanakan melalui sarana internet yaitu dengan menyediakan materi kuliah secara online dan materi kuliah tersebut dapat diakses oleh siapa saja yang membutuhkan.

Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat tentunya harus diimbangi dengan etika berinternet yang baik serta kesadaran untuk menggunakan hal tersebut untuk hal yang positif. Perlunya kesadaran dari semua pihak untuk mengurangi dampat negatif dari perkembangan teknologi internet yang begitu pesat.

Beberapa manfaat yang kita dapatkan dengan adanya perkembangan teknologi informasi misalnya mempermudah dalam berkomunikasi, mempermudah mengerjakan berbagai tugas, mempermudah layanan transportasi serta ekonomi dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar