Kamis, 12 Juni 2014

Fisoterapis = Tukang Pijit?

Fisioterpi, mungkin masih asing bagi sebagian orang. Masyarakat Indonesia kebanyakan hanya mengenal orang yang bekerja di bidang kesehatan seperti dokter, perawat, bidan, kesehatan masyarakat dan farmasi, tidak dengan fisioterapi. Lantas 'makhluk' seperti apakah fisioterapis itu?

Menurut Krausen.1985, Fisioterapi adalah suatu cara atau bentuk pengobatan untuk mengembalikan fungsi suatu organ tubuh dengan memakai tenaga alam. Dalam fisioterapi tenaga alam yang dipakai antara lain listrik,sinar,panas,dingin,massage dan latihan yang mana penggunaannya disesuaikan dengan batas toleransi penderita sehingga didapatkan efek pengobatan. 

Sesuai dengan KepmenKes No. 1363 tahun 2001 :
 Fisioterapi adalah bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis), pelatihan fungsi, komunikasi.”
Selain itu, berdasarkan ruang lingkup pelayanan fisioterapi dan tuntutan kebutuhan masyarakat, fisioterapi dibagi menjadi:
a.Fisioterapi Kesehatan Wanita
b.Fisioterapi Tumbuh Kembang Anak
c.Fisioterapi Kesehatan dan Keselamatan Kerja
d.Fisioterapi Usia Lanjut
e.Fisioterapi Olahraga
f.Fisioterapi Kesehatan Masyarakat
g.Fisioterapi Pelayanan Medik: pengembangan pelayanan fisioterapi pelayanan medik didasari pada spesifikasi problem kesehatan pasien, seperti fisioterapi Muskuloskeletal (penyembuhan dan pemulihan gangguan anggota gerak tubuh terdiri dari otot, tulang, sendi, jaringan ikat), Fisioterapi Kardiovaskulopulmonal (penyembuhan dan pemulihan pada gangguan jantung, pembuluh darah, dan paru), Fisioterapi Neuromuskular (penyembuhan dan pemulihan pada gangguan sistem syaraf pusat dan sistem syaraf tepi), Fisioterapi Integument (penyembuhan dan pemulihan pada kecacatan fisik dan kulit).
Jadi, jika ada yang mengatakan fisioterapis adalah seorang tukang pijit itu SALAH.

Fisioterapi di UMM memang sebuah jurusan yang baru. Namun, performanya tidak kalah dengan jurusan yang sudah lama ada. Fisioterapi UMM memiliki berbagai fasilitas yang mendukung terlaksananya pembelajaran seperti laboratorium pool teraphy di taman Sengkaling, laboratorium elektro fisika, laboratorium manual terapi, gymnasium, laboratorium pediatri, dan laboratoriom skill fisioterapi.
Ini beberapa fasilitas yang mendukung pembelajaran fisioterpi di UMM.
Gymnasium

Pool Therapy

Lab Elektro Fisika

Lab Manual Terapi

Lab Pediatri

Lab Skill Fisioterpi
Mau tahu lebih lanjut mengenai Fisioterpi? Masuk ke sini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar